“Layanan Hak Sipil Anak Berkebutuhan Khusus” Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Pekanbaru ke-238

“Layanan Hak Sipil Anak Berkebutuhan Khusus” Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Pekanbaru ke-238

Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Pekanbaru ke-238, Dinas Kependudukan dan Pencatatan SIpil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru melaksanakan Kegiatan Pelayanan Pendaftaran Penduduk bagi Penyandang Disabilitas dengan mengusung tema “Layanan Hak Sipil Anak Berkebutuhan Khusus” bersama  Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Riau di Atrium Utama Lantai 1 Mall Pekanbaru. Selasa, 21/06/22.

Acara dihadiri oleh Penjabat (PJ) Walikota Pekanbaru Muflihun, S.STP, M.AP melalui Asisten III Setdako Pekanbaru Masykur Tarmizi didampingi oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Hj Irma Novrita S.Sos M,Si. turut hadir Kadis PMD Dukcapil Provinsi Riau Djoko Edy Imhar,  Ketua LPA Provinsi Riau Esther Yuliani , Pimpinan Cabang Bank Riau Kepri Pekanbaru, Pimpinan Pertamina Hulu Rokan, Pimpinan Mall Pekanbaru, PPDI Kota Pekanbaru, serta relawan dari beberapa Universitas yang ada di Kota Pekanbaru.

“Keterbatasan terhadap akses sumber-sumber pelayanan yang tersedia bagi para penyandang disabilitas khususnya anak, terkadang menjadi satu kendala yang memang perlu mendapatkan perhatian yang lebih khusus dan serius,” ujar Masykur Tarmizi dalam sambutan pidatonya sekaligus secara simbolis penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada peserta.

 “Dalam rangka Hari Jadi Pekanbaru Ke-238 ini, maka harus kita jadikan sebagai momentum untuk menegaskan kepedulian dan memperkuat solidaritas dalam meletakan dasar yang kuat bagi perlindungan penyandang disabilitas,” ucapnya.

Dikatakan Masykur Tarmizi, “saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas apa yang dilakukan oleh Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil kota pekanbaru yang tidak henti-hentinya telah menyediakan pelayanan khusus bagi para penyandang disabilitas bahkan sampai turun pada hari libur untuk lakukan perekaman.”

Rangkaian acara di isi dengan Perekaman KTP-el dan Penerbitan Kartu Identitas Anak bagi anak berkebutuhan khusus , Konsultasi tentang penerbitan Akta Kelahiran Penduduk Rentan Adminduk, Pentas Seni dan Pameran Hasil Karya Anak Berkebutuhan Khusus.

Ditempat yang sama. Hj Irma Novrita S.Sos M.Si selaku ketua pelaksana menyampaikan “Belum semua orang tua yang memiliki kesadaran untuk mengurus Dokumen Kependudukan bagi anak penyandang disabilitas, dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran pentingnya Dokumen Kependudukan bagi anak anak Disabilitas.” imbuhnya.

Disampaikan lagi “Peserta yang mengikuti perekaman KTP-EL sebanyak 14 orang penyandang Disabilitas, dan yang menerima Kartu Identitas Anak sebanyak 34 orang anak. Kegitan ini terlaksana berkat dukungan dari Pemerintah Kota Pekanbaru, Bank Riau Kepri Cabang Pekanbaru, Pertamina Hulu Rokan, serta dukungan dari berbagai relawan dan Media Partner yang telah membantu mensuskseskan acara ini.” ujar Kadis Dukcapil Kota Pekanbaru. (panji)