Gebrakan SIMANJA

Gebrakan SIMANJA

Demi optimalisasi, peningkatan kualitas dan kuantitas serta meningkatkan disiplin bagi petugas pelayanan dan sebagai tolak ukur penilaian kinerja guna memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan bagi masyarakat, Disdukcapil Pekanbaru menciptkan Inovasi baru yaitu Sistem Informasi Manajemen Penilaian Kinerja disebut dengan SIMANJA. Simanja juga merupakan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk pengukuran kinerja dan disiplin petugas pelayanan.

Kepala Dinas Dukcapil Pekanbaru Hj Irma Novrita Ditemui dimeja kerjanya menyampaikan “Dalam Inovasi SIMANJA kami dapat mementukan dan menetapkan petugas pelayanan terbaik setiap tahunnya. Simanja juga sebagai wadah pelaporan kinerja petugas setiap harinya dan juga sebagai sarana bagi kami untuk mengukur kinerja petugas pelayanan.” Kamis, 25/03/21

Disampaikan juga “Dengan adanya Inovasi SIMANJA, disiplin petugas pelayanan lebih meningkat dari pada sebelumnya. Karena, biasanya absensi dilakukan secara manual pada secretariat dan tidak adanya pengawasan yang ketat akan disiplin petugas dalam hal absensi. Dalam Aplikasi SIMANJA, terdapat absensi petugas pelayanan yang lansung terhubung dengan mesin absensi. Akan terdata siapa saja petugas yang tidak disiplin terhadap jam kerja. Selain dapat menetapkan reward bagi petugas pelayanan kami juga memberikan punishment kepada petugas pelayanan yang tidak disiplin dan pencapaian target kinerja yang rendah”.

Ditambahkan lagi “Melalui Inovasi SIMANJA kami berharap petugas pelayanan tidak lagi lalai pada tanggung jawab yang diberikan. Petugas pelayanan diharapkan mampu berinovatif serta dapat menjalankan MOTO pelayanan yaitu SIAP Melayani dengan sungguh-sungguh demi tercapainya tujuan organisasi dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.”

“Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan terus melakukan perbaikan dan peningkatan dalam Inovasi Pelayanan Publik sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku” ungkap Irma