loader

M E M P R O S E S . . .

Deputi Pelayanan Publik KemenpanRB kunjungi MPP Disdukcapil Kota Pekanbaru

Deputi Pelayanan Publik KemenpanRB kunjungi MPP Disdukcapil Kota Pekanbaru

Deputi Pelayanan Publik KemenpanRB Diah Natalisa beserta  Rombongan kunjungi Mall Pelayanan Publik (MPP) Disdukcapil Kota Pekanbaru di damping Walikota Dr Firdaus MT dan Kadis Dukcapil Hj Irma Novrita SSos MSi beserta jajaran dalam rangka Kunjungan Kerja Peninjauan Proses Bisnis Digitalisasi Layanan Strategis. Kamis (29/4/21)

Pelayanan Publik merupakan wajah suatu Negara. Negara hadir bagi masyarakat apabila mampu memberikan pelayanan publik prima.

Roadmap bidang pelayanan publik 2020-2025 adalah percepatan peningkatan publik yang prima. Hal ini dilakukan dengan cara Integrasi pelayanan, Replikasi/ skeling Up inovasi dan Peningkatan partisipasi masyarakat.

Pemanfaatan teknologi informasi diharapkan semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses pelayanan, transparansi pelayanan dan tentunya meningkatkan partisipasi masyarakat. Proses layanan MPP mengalami tiga fase yaitu Paper based services (manual), hybrid services (manual dan digital) serta Fully digital Services

MPP Pekanbaru ada pada tahap hybrid, KemenpanRB mendorong proses transformasi layanan digital.

Disinggung oleh tim KemenpanRB bahwa layanan MPP Dukcapil saat ini sudah baik pemanfaatan data base dengan konsep kerjasama kepada instansi pengguna merupakan hal yang harus dikembangkan dan terus ditingkatkan. 

Saat ini PKS sudah kepada 6 SKPD akan berlanjut pada 4 SKPD lagi, dengan 2 SKPD telah memanfaatkan database kependudukan sebagai based dalam pemberian layanan, dan SKPD itu adalah DPMPTSP dan Bapenda.

Kedepan MenpanRB akan membangun sebuah portal Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN) dengan konsep mengintegrasikan selama layanan di MPP agar terkoneksi secara nasional dan seragam antar MPP seluruh Indonesia. (MZ,DY)

 

Bagikan halaman ini